Saturday, November 8, 2008

Messenger Berbasis Web, Alternatif Buat Chatting


Internet makin dibutuhkan dan makin mudah pula mengaksesnya. Apalagi sekarang ini makin banyaknya mal, cafe maupun sekolah yang sudah menyediakan akses Internet dengan menggunakan layanan WiFi gratis. Jadi kalau punya notebook atau ponsel yang sudah tersedia WiFi, Anda tinggal klik lalu bisa langsung mengakses internet.

Salah satu fasilitas di Internet yang paling banyak disukai saat ini adalah instant Messenger atau sering disebut chatting. Sebagai salah satu fasilitas untuk aktivitas komunikasi antar individu atau bahkan antar grup di Internet, implementasi dari chatting ini juga sangat beragam di Internet, seperti MSN, Yahoo! Messenger, Google Talk dan masih banyak lagi bentuk komunikasi yang lain.

Instant Messenger yang paling terkenal untuk chatting adalah Yahoo Messenger yang merupakan aplikasi tambahan dari server Yahoo. Banyaknya pengguna Yahoo Messenger dikarenakan banyak fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan, seperti add a contact yang memudahkan untuk mengingat siapa saja dan apa aja ID yang teman-teman kita miliki. Send File, merupakan fitur pendukung yang memudahkan untuk mengirim file ke teman. Dengan cara klik action, pilih Send File, kemudian pilih file yang mau dikirim terus klik open, maka file pun akan terkirim.

Cukup mudah, jadi tidak perlu lagi mengirim file menggunakan email atau sebagainya yang mungkin akan menghabiskan sedikit waktu pada saat kita melakukan komunikasi dengan teman, karena sudah dipermudah oleh Yahoo itu sendiri.

Ada lagi fitur Call Computer yang memudahkan melakukan percakapan melalui jaringan Internet dengan gratis, sehingga memudahkan komunikasi tanpa harus menulis satu persatu lagi. Namun fitur ini membutuhkan bandwidth yang cukup besar dalam penggunaannya.

Selain itu fitur webcam juga membutuhkan bandwidth yang besar karena kesanggupannya menunjukkan gambar berikut sound. Webcam bisa digunakan kalau hardwarenya sudah tersedia, sehingga kita bisa melihat seperti apa rupa orang yang chatting dengan kita dan aktifitas yang sedang dilakukannya.

Ada juga Conference, sebuah fitur yang memudahkan kita untuk melakukan chatting secara bersama-sama atau lebih dari satu orang. Dengan Conference bisa melakukan diskusi bersama, maupun mencari permasalahan dan menemukan pemecahan masalahnya secara bersama-sama.

Sedangkan aplikasi yang menarik adalah Audibles dan Emoticon, merupakan aplikasi berbentuk gambar animasi yang bisa dikirim ke lawan bicara kita. Animasi yang tersedia juga beragam bentuknya, banyak pilihan animasi yang lucu-lucu dan menyebalkan yang bisa dipilih sesuai keinginan kita. Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang tersedia di Yahoo, bisa dilihat setelah selesai menginstal Yahoo Messenger dan sudah daftar serta login.

Install cara mudah

Namun yang jadi permasalahan adalah apabila kita menggunakan komputer yang belum terinstal Instant Messenger, biasanya pada komputer kantor maupun warnet. Padahal saat itu kita ingin melakukan chatting dengan kawan kita. Untuk mendownload file dan menginstalnya, tentu membutuhkan waktu agak lama, bisa jadi teman yang ingin ngobrol dengan kita terlanjur sign out karena tak sabar menunggu.

Tapi jangan khawatir, Yahoo punya messenger berbasis web yang memudahkan kita tetap bisa melakukan chatting walaupun komputer yang kita gunakan tidak tersedia aplikasi Yahoo Messenger. Jadi cukup manfaatkan versi webnya di alamat webmessenger.com, kita tidak perlu lagi membuang waktu dengan menginstal aplikasi instant messenger pada komputer.

Karena berbasis web, penggunaannya seperti melakukan browsing. Anda cukup buka Internet browser, masuk ke alamat layanan, login dengan account username dan password, lalu Anda sudah bisa melakukan chatting. Layanan kirim pesan praktis ini juga bisa menjadi solusi jika jalur Instant Messenger diblokir oleh administrator jaringan di tempat kita bekerja.

Sebagai solusi praktis untuk chatting, fasilitas standar yang terdapat di program Yahoo Messenger juga tersedia di web messenger, walaupun tak semua opsi setting dan plugin tersedia tapi pilihan emoticon, pilihan huruf, hingga fasilitas view untuk menampilkan teman yang sedang offline dan online tetap tersedia.

Tidak hanya Yahoo Messenger, tapi hampir semua layanan Instant Messenger seperti MSN dan Google Talk pun memiliki layanan messaging berbasis web.

Dalam mengakses versi berbasis web dapat ditemui dimasing-masing layanan di webmessenger.msn.com dan www.google.com/talk/#. Fiturnya hampir sama dengan Yahoo Messenger, tersedia hanya yang standar, namun ini pun sudah memadai. Sebetulnya selain layanan resmi dari masing-masing instant Messenger, kita masih bisa menggunakan layanan lain atau dari pihak ketiga. Biasanya layanan ini menyediakan fasilitas akses kebanyak layanan. Salah satunya dan yang terpopuler adalah Meebo, yang beralamat di Meebo.com.

Dengan Meebo kita bisa mengakses jalur chatting beraneka layanan dalam satu website dan bisa menggunakan beberapa account chatting sekaligus, tapi semuanya bisa dipantau dari satu jendela di dalam web browser. Mebbo sendiri menyediakan kanal untuk chatting antar sesama pengguna Meebo. Selain Meebo, masih banyak layanan alternatif lain dari layanan Instant Messenger berbasis web, seperti yang dikutip dari Unipdu ada beberapa pilihan yang bisa kita gunakan seperti:

1. eBuddy (http://www.ebuddy.com)
Dengan menggunakan ebuddy ini, Anda bisa chatting dengan teman-teman Anda dengan menggunakan versi web dan mobile-nya. eBuddy ini sangat ringan dan mudah digunakan. Saat ini eBuddy juga mendukung Yahoo!Messenger.

2. KooIIM (http://www.koolim.com)
IM berbasis web ini dapat membantu Anda untuk terkoneksi dengan inbox email Anda seperti jaringan-jaringan Instant Messenger popular lainnya seperti Meebo juga.

3. ILoveIM (http://www.iloveim.com)
ILoveIM ini merupakan salah satu layanan Instant Messenger lain berbasis web yang dapat membantu anda untuk terkoneksi dengan account Instant Messenger Anda dengan disertai sedikit iklan untuk mendukung layanannya tetapi tidak terlalu mengganggu.

4. Goowy (http://www.goowy.com)
Goowy lebih dari hanya sekedar klien IM berbasis web tetapi juga menawarkan layanan e-mail, kalender, berita, RSS, storage file gratis, dan banyak lagi dalam satu tempat.

5. IMunitive (http://www.imunitive.com/index.html)
Imunitive merupakan salah satu alernatif seperti Meebo dengan dukungan platform IM yang hampir sama tetapi tidak mendukung Jabber. Salah satu situs layanan IM berbasis web yang perlu Anda datangi.

6. RadiusIM (http://www.radiusim.com)
Layanan Instant Messenger berbasis web ini memiliki integrasi dengan Google Maps yang berarti Anda bisa melihat teman-teman yang sedang chat dengan anda berasal dari kota atau daerah mana. Layanan ini yang kita butuhkan.

7. IMO (http://imo.im/)
Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa log in ke banyak jaringan chat Instant Messenger popular pada waktu yang sama. Selain itu kelebihannya layanan ini berbasis web, jadi sangat mempermudah Anda.

8. Mabber (http://www.mabber.com/)
Mabber memiliki kelebihan yaitu dapat Anda gunakan baik pada web atau ponsel. Mabber mendukung platform IM seperti AIM, ICQ, MSN Messenger, Yahoo Messenger dan Google Talk. Selain itu Mabber mempunyai widget chatbox untuk diletakkan di website atau blog anda. Jadi Anda bisa chatting lewat website atau blog Anda.

9. Plugoo (http://plugoo.com)
Plugoo merupakan kumpulan Instant Messenger terkenal yang disatukan pada sebuah widget atau aksesori web/blog sehingga Anda bisa terhubung dengan pengunjung-pengunjung situs Anda dari Instant Messenger lain seperti AIM, MSN, Yahoo, Gtalk, ICQ dan Jabber.

10. SNIMMER (http://www.snimmer.com)
Anda bisa chat langsung dengan MSN, Yahoo, AOL, ICQ, Gtalk dan memperbanyak teman baru dengan membuat profil Anda dengan disertai foto.
sumber: http://morningcoffeemix.blogspot.com
 

Hello

My Blog List

My Blog List

Tranbisnis Info © 2009